Sosialisasi Penguatan Kapasitas Pelaku UMKM Dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19 di Togogan

Srengat – Bahwa pada hari Kamis, tanggal 11 Agustus telah dilaksanakan Sosialisasi “Penguatan Bagi UMKM di Masa Pandemi Covid-19 di joglo “Hand Asta Sih” Desa Togogan. Adapun dalam acara tersebut telah diundang Kepala Desa/Kelurahan beserta 2 orang UMKM yang ada di wilayah masing-masing, serta Narasumber dari Dinas Kominfo, Dinas Koperasi, Dinas Penanaman Modal, dan Dinas Disperindag.

Acara dibuka langsung oleh Bapak Camat Srengat, Deny Candra Himawan, S.STP, MM. Beliau berharap setelah pandemi Covid-19 ini para pelaku UMKM untuk bangkit dan lebih semangat setelah menghadapi pandemi. Para pelaku usaha diundang dengan tujuan agar produk mereka lebih dikenal oleh masyarakat luas, baik lokal maupun internasional.

Oleh demikian, maka diundanglah dinas-dinas yang sesuai dengan bidangnya masing-masing yang meiputi :

A. Dinas Kominfo, dihadiri oleh Kepala Dinas Bapak Eko Susanto, St. Msi. Beliau menjelaskan tentang bagaimana caranya untuk mengenalkan produk lewat sosial media. Hal ini supaya produknya lebih dikenal orang banyak dan meningkatkan omzet penjualannya lebih luas, maju, dan berkembang.

B. Dinas Perizinan, dihadiri oleh Kepala Dinas Agus Santoso, S.Sos, Msi. Beliau menjelaskan bagaimana caranya mengurus perkara izin berusaha agar UMKM tersebut dalam melaksanakan usahanya bisa berjalan dengan baik karena sudah mendapat izin NIB PIRT.

C. Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dihadiri oleh Kabid Pemasaran Ibu Sri Supartiningsih, SE. MM. Beliau menjelaskan bahwa dalam usaha perdagangan, produk perlu dikemas semenarik mungkin agar telihat bermutu dan UMKM bisa berkoordinasi dengan Disperindag.

D. Dinas Koperasi, dihadiri oleh Pejabat Fungsional Siti Mufidah, Sog. Map. Beliau menjelaskan bagaimana caranya agar UMKM bisa berkembang dan bertambah maju apabila UMKM terbentur dengan modal untuk mengembangkan usahanya. Hal tersebut dapat dikoordinasikan bersama Dinas Koperasi.

Acara Sosialisasi “Penguatan Kapasitas Pelaku UMKM dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19” berjalan dengan lancar. Diharapkan pelaku usaha mikro khususnya UMKM dapat berkembang dan lebih maju agar bisa meningkatkan kesejahteraan dalam bidang ekonomi keluarga maupun negara.

About Dinas Komunikasi dan Informatika

Check Also

Penetapan Panitia Pilkades di Desa Maron

30 Agustus 2022 / Desa Maron